In House Training Sampling

In House Training Sampling

 

Dalam upaya memberikan pelayanan pemeriksaan laboratorium sesuai standar mutu, maka Balai Laboratorium Kesehatan Yogyakarta senantiasa melakukan perbaikan secara terus menerus. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk layanan yang mengapresiasi kebutuhan masyarakat masa kini yang berorientasi pada kepuasan pelanggan. 

Pada proses pengendalian mutu laboratorium terdapat tiga tahapan penting, yaitu tahap pra analitik, analitik, dan pasca analitik. Pada umumnya, yang sering diawasi dalam pengendalian mutu hanya tahap analitik dan pasca analitik yang lebih cenderung pada urusan administrasi, sedangkan proses pra analitik kurang mendapat perhatian.

Kesalahan pada proses pra analitik dapat memberikan kontribusi sebesar 61% dari total kesalahan laboratorium. Proses pra analitik dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu pra analitik ekstra laboratorium dan pra analitik intra laboratorium. Proses-proses tersebut meliputi pengambilan sampel, pengiriman sampel ke laboratorium, penanganan sampel, dan penyimpanan sampel.

Berdasarkan hal tersebut diatas, maka Balai Laboratorium Kesehatan melakukan In House Training Sampling meliputi sampling air, makanan, dan minuman (untuk parameter pengujian kimia dan mikrobiologi), serta usap alat makanan dan kedokteran (untuk parameter pengujian mikrobiologi).

In House Training Sampling diselenggarakan pada tanggal 07 - 08 November 2018 dengan peserta 20 orang pranata laboratorium dengan 3 narasumber, yaitu : Purnawan, S.ST, M.Eng., Dr. Lily Lestari, STP, MP., dan dr. Titik Nuryastuti, M.Si, Sp.MK(K), PhD.

  • Ditulis oleh Joko Budiono, S.ST
  • 8 Nov 2018 15:42
  • komentar

Komentar